Sat. May 18th, 2024

Rabu, 16 November 2022

Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 diselenggarakan di Kota Tual dari tanggal 16 – 18 November 2022.

Pemutakhiran data tindak lanjut yang baru saja diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan dampak dari laporan audit, efektivitas pemeriksaan bukan dilihat dari jumlah temuan dalam pemeriksaan tetapi berkaitan dengan sejauh mana rekomendasi tersebut efektif dan dapat ditindak lanjuti oleh entitas yang diperiksa.

Dalam sambutannya pada pembukaan rapat pemutakhiran data Wakil Gubernur Maluku menyampaikan “Kehadiran APIP dalam mengawal tujuan pemerintah diharapkan mampu memaksimalkan upaya-upaya pencapaian tujuan yang tertuang dalam dokumen perencanaan yang telah disepakati bersama, lebih lanjut disampaikan pelaksanaan rapat pemutakhiran data yang di selenggarakan di setiap Kabupaten di Provinsi Maluku sekaligus menjadi promosi pariwisata tersendiri bagi kabupaten penyelenggara”.

Secara simbolis pembukaan rapat pemutakhiran data diawali dengan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas N. Orno dan didampingi Inspektur Wilayah I Irjen Kemendagri Bachtiar Sinaga dan diikuti oleh Inspektur Kabupaten se Provinsi Maluku.

Berdasarkan data sementara penyelesaian tindak lanjut terhadap pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah keseluruhan kabupaten kota mencapai 53,27% sedangkan penyelesaian tindak lanjut di OPD Provinsi Maluku 55,19% dan untuk Kabupaten Buru khususnya penyelesaian tindak lanjut tahun 2021 telah sepenuhnya selesai 100%.

rapat pemutakhiran yang diselenggarakan selama 3 hari diisi dengan pembahasan tindak lanjut dari tiap-tiap perwakilan Inspektorat Kabupaten dengan Inspektorat Provinsi Maluku serta seminar pengawasan dan ditutup dengan ditunjuknya Kabupaten Seram Bagian Timur Sebagai penyelengara rapat pemutakhiran data tindak lanjut berikutnya.

One thought on “RAPAT PEMUTAKHIRAN DATA TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN APARAT PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH TINGKAT PROVINSI MALUKU DI KOTA TUAL TAHUN 2022”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *